RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
STRUKTUR DATA
Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data (database) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar (spreadsheet), pangkalan data, pengolah kata, citra yang dipampat (compressed image), dan pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan basis data (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.
T R E E D A T A
Dalam ilmu komputer , pohon adalah tipe data abstrak yang digunakan secara luas yang mewakili struktur pohon hierarkis dengan sekumpulan simpul yang terhubung . Setiap simpul di pohon dapat dihubungkan ke banyak anak (tergantung pada jenis pohon), tetapi harus dihubungkan ke tepat satu induk, [1] kecuali untuk simpul akar , yang tidak memiliki induk (yaitu, simpul akar sebagai simpul paling atas dalam hierarki pohon). Batasan-batasan ini berarti tidak ada siklus atau "loop" (tidak ada simpul yang dapat menjadi leluhurnya sendiri), dan juga bahwa setiap anak dapat diperlakukan seperti simpul akar dari sub-pohonnya sendiri, menjadikan rekursi sebagai teknik yang berguna untuk traversal pohon . Berbeda dengan struktur data linear , banyak pohon tidak dapat direpresentasikan oleh hubungan antara simpul-simpul tetangga (simpul induk dan anak dari suatu simpul yang dipertimbangkan, jika ada) dalam satu garis lurus (disebut tepi atau tautan antara dua simpul yang berdekatan)
Pohon biner adalah jenis yang umum digunakan, yang membatasi jumlah anak untuk setiap induk hingga maksimal dua. Ketika urutan anak ditentukan, struktur data ini sesuai dengan pohon terurut dalam teori grafik . Nilai atau penunjuk ke data lain dapat dikaitkan dengan setiap simpul di pohon, atau terkadang hanya dengan simpul daun , yang tidak memiliki simpul anak.
GRAPH DATA
Graph database dalam dunia ilmu komputer adalah database yang menggunakan struktur data graph yg memiliki komponen node, edge dan properties unutk merepresentasikan penyimpanan data. Graph database menyediakan index-free adjacency yang artinya setiap elemen berisi direct pointer ke adjacent element dan tidak membutuhkan lagi suatu index lookups.
Berikut struktur dari graph database:
Setiap simpul melambangkan suatu entitas seperti orang, bisnis, akun, atau item lain yang hendak dilacak.
ALGORITMA
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah komputasi tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data. Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktekkan oleh Alan Turing dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus".
Definisi Algoritma Menurut Para Ahli
- Menurut Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan
Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan yang ada.
- Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Introduction to the Design and Analysis of Algorithms“
Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.
- Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal dalam bidang komputerisasi
Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.
- Menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson, keduanya penulis buku tentang aljabar dan seorang praktisi matematika dan komputer
Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.
- Menurut Marvin Minsky, seorang Ilmuwan dibidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Algoritma adalah seperangkat aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak.
- Menurut David Bolton, seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia
Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.
- Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia
Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.
- Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com
Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.
EXPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah per
nyataan yang bisa benar atau salah . Misalnya, A < B adalah ekspresi logika. Ekspresi ini bisa benar atau salah tergantung pada nilai a dan b yang diberikan.
Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.
Operasi logika
Dalam logika, operator logika atau perangkai logika merupakan simbol logika yang dipakai untuk menghubungkan rumus-rumus logika. Sebagai contoh, dalam sintaks logika proposisional, operasi biner dapat dipakai untuk menggabungkan dua rumus atomik dan , memberikan rumus kompleks .
Operator logika pada umumnya meliputi negasi, disjungsi, konjungsi, implikasi dan kesetaraan . Dalam sistem logika klasik yang standar, operator-operator tersebut dipandang sebagai fungsi kebenaran, yakni fungsi yang menerima suatu nilai kebenaran (benar atau salah) dan menghasilkan nilai kebenaran yang baru. Sedangkan dalam logika non-klasik ada beberapa interpretasi berbeda terkait definisi dari operator-operator tersebut. Interpretasi klasik dari setiap operator tersebut mirip dengan ungkapan "tidak", "atau", "dan", dan "jika" dalam bahasa alami seperti Bahasa Indonesia, walau tidak identik.
FLOWCHART
Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan sebuah proses dari suatu program. Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.
Flowchart berperan penting dalam memutuskan sebuah langkah atau fungsionalitas dari sebuah proyek pembuatan program yang melibatkan banyak orang sekaligus. Selain itu dengan menggunakan bagan alur proses dari sebuah program akan lebih jelas, ringkas, dan mengurangi kemungkinan untuk salah penafsiran. Penggunaan flowchart dalam dunia pemrograman juga merupakan cara yang bagus untuk menghubungkan antara kebutuhan teknis dan non-teknis.
FLOWCHART DOKUMEN
Bagan alir dokumen (document flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
flowchart dokumen (document flowchart) atau bisa juga disebut dengan paperwork flowchart. Flowchart dokumen berfungsi untuk menelusuri alur form dari satu bagian ke bagian yang lain, termasuk bagaimana laporan diproses, dicatat, dan disimpan.
FLOWCHART DATA
Digunakan untuk memvisualisasikan alur kerja data dalam sebuah program atau sistem. Jenis diagram alir yang satu ini, cocok digunakan pada tahap perancangan dalam pengembangan software.
Flowchart atau diagram alir adalah alat yang sangat penting dalam pengembangan software yang dapat membantu para pengembang untuk membuat dan mengembangkan software dengan lebih efektif dan efisien.
FLOWCHART SISTEM
Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.
bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan di dalam sistem secara keseluruhan dan menjelaskan urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Dengan kata lain, Flowchart ini merupakan deskripsi secara grafik dari urutan prosedur-prosedur yang terkombinasi
FLOWCHART PROGRAM
Flowchart program merupakan langkah-langkah (instruksi-instruksi) program yang menceritakan kejadian suatu proses satu dengan proses lainya dalam suatu program secara mendetail yang di wakilkan dalam bentuk simbol atau bagan.
Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart)
SIMBOL² FLOWCHART
1. Flowline: Menunjukkan arah proses. Setiap flowline menghubungkan dua blok.
2. Terminal: Menunjukkan awal atau akhir diagram alur
3. Process: Mewakili langkah dalam suatu proses. Ini adalah komponen yang paling umum dari diagram alur.
4. Decision: Menunjukkan langkah yang menentukan langkah selanjutnya dalam suatu proses. Ini biasanya merupakan pertanyaan ya/tidak atau benar/salah.
5. Input / Output: Menunjukkan proses memasukkan atau mengeluarkan data eksternal.
6. Annotation / Comment: Menunjukkan informasi tambahan mengenai langkah dalam suatu proses.
7. Predefined Process: Menunjukkan proses bernama yang didefinisikan di tempat lain.
8. On-page Connector: Pasang on-page connecter digunakan untuk menggantikan garis panjang pada halaman flowchart.
9. Off-page Connector: Konektor di luar halaman digunakan saat target berada di halaman lain.
10. Delay: Setiap periode penundaan yang merupakan bagian dari proses
11. Alternate Process: Sebuah alternatif untuk langkah proses normal. Garis aliran ke blok proses alternatif biasanya putus-putus.
12. Data: Masukan atau keluaran data
13. Document: Sebuah dokumen
14. Multi-document: Beberapa dokumen
15. Preparation: Langkah persiapan
16. Display: Tampilan mesin
Komentar
Posting Komentar